Kadis Daeng Duru Himbau Masyarakat Penerima BLT Lengkapi Data Diri.

oleh -575 views
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Alor, Daeng Duru
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Alor, Daeng Duru

Mahensa-Express.Com-Kalabahi, Bantuan Kementerian Sosial untuk Tahun 2021 diawali dengan perbaikan data program sembako dan untuk sementara dilakukan verifikasi dan perbaikan. Hal ini sesuai penjelasan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Alor, Daeng Duru kepada Mahensa-Express.Com di ruang kerjanya, Kamis (18/02/2021) data program sembako dan bantuan sosial tunai merupakan konsekuensi dari dana darurat dan sudah terealisasi hingga tahap 10 sejak tanggal 12 Januari hingga 20 Januari Tahun 2021, semua proses penyaluran berjalan dengan baik.

Menurut Kadis,Daeng Duru pihak dinas sudah berkoordinasi dengan PT.Pos dan Giro dan semua bantuan telah disalurkan kepada penerima dengan benar. Pada prinsipnya untuk program sembako sementara dilakukan verifikasi dan perbaikan data, hal ini dimaksudkan untuk memastikan jumlah
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan atau BLT KPM PKH,”ucap Kadis
Daeng Duru.

Pemberian Bantuan Sosial Tunai (BST) dalam program Keluarga Penerima Manfaat Keluarga Harapan (KPM-PKH) 2021, untuk program
sembako Bantuan Sosial Tunai tahap awal proses penyalurannya telah dilakukan di 17 kecamatan di Kabupaten Alor.

Koordinator Program Sembako Kabupaten Alor, Nazamudin Syain mengtakan untuk Program Sembako 23 ribu lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan untuk Bantuan Sosial Tunai 5111 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) semuanya sudah terealisasi sesuai peruntukannya.

Nazamudin Syain mengatakan penyaluran BST Tahap 11,12,13 untuk Kecamatan Pureman, Alor Selatan, Pulau Pura dan Kecamatan Alor Timur mendapat kemudahan pembayaran per triwulan.

Kendala topografi menjadi alasan utama karena jangkauan masyarakat di 4 kecamtan tersebut untuk mengambil dana BLT di Kalabahi sangat sulit karena biaya trnsportasi lebih besar dari dari dana BLT. Permasalahan lainnya adalah banyak penerima di daerah pedalaman belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga.

Himbauan untuk masyarakat penerima dan calon penerima BLT untuk melengkapi data diri seperti KTP dan KK karena menjadi dasar penerima. Semua kegitan terkait BLT, BST lewat satu pintu, kendala lainnya adalah faktor jaringan sehingga BRIZZI tidak bisa beroperasi dengan baik tapi atas instruksi Kadis kami telah melakukan segala upaya untuk mengatasi semua kendala yang ada. Dalam pendistribusian yaitu agen brilink sebagai penyalur untuk memudahakan pelayanan dan yang paling utama adalah tidak mengecewakn masyrakat,”paparnya Nazamudin Syain.

Dikatakan pada, Sabtu (30/01/2021) diadakan zoom meeting dengan Direktorat Penangan Pakir Miskin Wilayah II tentang pelaksanaan program sembako tahun 2021, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Alor, Daeng Duru pesertanya adalah seluruh kades dan operator offlin-siks-NG di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Alor merupakan kabupaten pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang yang melakukan zoom meeting.(****)