Miris Dua Kampung di Desa Merdeka yang Belum Merdeka dari Sarana Jalan Raya.

oleh -533 views

Mahensa-Express.Com,Berimau-Bukalabang, Kampung Berimau dan Bukalabang adalah dua kampung dari sekian banyak kampung di Pulau Pantar. . Kampung ini terletak di wilayah pegunungan tepatnya di Desa Merdeka, Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Perjalanan dari Pusat Kota Kalabahi menuju Kampung Berimau, Bukalabang hanya bisa melalui jalur laut dengan perahu motor penumpang, kemudian dilanjutkan dengan dengan jalan kaki dari Bakalang ibu kota Kecamtan Pantar Timur. Untuk sampai di Kampung Berimau cukup sulit serta butuh waktu dan tenaga.

Perjalanan dengan menempuh jarak kurang lebih 8 Km dari Bakalang dari Bakalang ke Kampung Berimau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam ini cukup ekstrim. Meskipun kondisi cukup menangtang tapi itulah yang dilakukan masyarakat kedua kampung tersebut selama ini. Kondisi kampung tanpa sarana pendukung jalan raya ini sangat menyulitkan masyarakat untuk menjual hasil komoditi maupun untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Moris Imanuel Olang
Moris Imanuel Olang

Moris Imanuel Olang salah satu kader muda Pantar kepada Mahensa-Express.Com di Bakalang, Rabu (17/02) mengatakan kondisi sulitnya akses masuk di kedua kampung tersebut menyulitkan usaha -usaha yang di lakukan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari maupun pembiayaan anak-anak mereka yang ada di bangku perguruan tinggi karena mereka harus memikul hasil komoditi masyarakat seperti kemiri, jambu mente,ubi gatal dan berbagai hasil komoditi lainnya sangat sulit. Hal paling sulit yang dialami masyarakat selama ini adalah apabila ada pasien yang sakit parah atau dalam kondisi darurat dan harus melakukan checkup kesehatan di Puskesmas Bakalang terkadang dalam perjalanan menuju Puskesmas di Bakalang, pasien tidak tertolong (meninggal) dalam perjalanan,”ucapnya.

Apabila ada warga kampung yang ada keperluan di Kalabahi dengan transportasi laut maka harus bangun lebih awal sekitar pukul : 02:00 (wita) untuk mrnempuh perjalanan sekitar 8 KM dari kedua kampung tersebut menuju pelabuhan laut di Bakalang.

Dia berharap ada perhatian khusus pemerintah terkait permasalahan tersebut. Untuk itu harus ada perhatian serius dari pemerintah untuk segera menbangun sarana Infrakstruktur jalan dari Bakalang menuju Bukalabang di Desa Merdeka, semoga 6 orang perwakilan nasyarakat Daerah pemilihan Pulau Pantar tersebtuh dengan penderitaan masyarakat yang sudah pilih mereka sebab realitasnya pada hari Ini masyarakat di kedua kampung tersebut sangat menderita,”tutupnya.(**)