Metu Salmay Sebut Masyarakat Bisa Cetak Dokumen Sendiri Kecuali KTP dan KIA

oleh -809 views
Plt.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Metusalak Salmay, SH
Plt.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Metusalak Salmay, SH

Mahensa-Express.Com-Kalabahi, Plt.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Metusalak Salmay, SH kepada Mehensa Express.Com mengatakan dalam Rangka tertib administrasi kependudukan, maka masyarakat yang memasukkan data untuk proses kepemilikan dokumen, diharapkan data yang benar dan tidak tumpang tindih data.

Dalam kaitan itu Diukcapil Kabupaten Alor sementara merancang aplikasi untuk proses pelayanan dokumen secara online. Apabila sudah diluncurkan masyarakat dapat mengisi srndiri data-data pada aplikasi tersebut melalui nomor WattsApp atau Email tertentu untuk dikirim ke Disdukcapil.
Apabila data-data tersebut saling tumpang tindiih maka pada saat pengiriman sisitim akan menolak secara otomatis, tapi apabila data-datanya benar dan valid maka Dinas Akan memproses dan mengirim kembli ke alamat email masyarakat dan mereka dapat mencetak atau print tanpa harus datang ke Disdukcapil.

Program ini dilakukan dalam rangka mengurangi pertemuan tatap muka sekaligus mengurangi antrian (menghindari kerumunan sbagai langkah Pencegahan kemungkinan penularan Covid 19). Ketika masyarakat mencetak sendiri dokumennya di rumah diharuskan menggunakan kertas HVS A4, 80 gram, dokumen itu telah ditandatangani secara electronik dengan mengunakan tanda tangan elektronik Barcode.

Dijelaskan dokumen kependudukan yang memiliki rekaman digital seperti ini tidak memerlukan legalesir sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat menggandakan dokumen yang dibutuhkan tanpa harus di legalesir. Meskipun demikian tapi untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP anak
tetap dan harus diproses di Disdukcapil. Selain itu ada program dari kementerian di tahun 2021 yang disebut Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) melalui kegtan sosialisasi siaran radio secara interaktif.

Metu Salmay mengatakan dalam rangka meneberikan kenyamanan pelayanan kepada masyarakt maka dalam waktu dekat Dukcapil akan melakukan renovasi teras pelayanan, “paparnya.(***)