Lurah Mutiara, Musrembang Tingkat Kelurahan Menghasilkan 59 Program Usulan

oleh -992 views
Kepala Kelurahan Mutiara, Jermias I. Maitia, A. Md bersama Kepala Seksi PMD dan Kesos Dece N.B Tabun S.IP
Kepala Kelurahan Mutiara, Jermias I. Maitia, A. Md bersama Kepala Seksi PMD dan Kesos Dece N.B Tabun S.IP

Mahensa- Express.Com-Kalabahi, Kepala Kelurahan Mutiara, Jermias I. Maitia, A. Md bersama Kepala Seksi PMD dan Kesos
Dece N.B Tabun S.IP, Senin (01/02/2020) mengatakan Musrembang Tingkat Kelurahan Mutiara pada, Jumat (29/01) diikuti oleh RT,RW, Kepala Lingkungan dan LPM pada Musrembang Tahun 2021 ini peserta Musrembang dibatasi karena Pamdemi Covid 19. Dikatakan ada 3 bidang yang dibahas dalam Musrembang yaitu, Pispra,Ekonomi dan Sosial Budaya. Kebutuhan di Kelurahan Mutiara yang paling banyak di berasal dari program Pispra.

Kepala Seksi PMD dan Kesos Dece N.B Tabun S.IP
Kepala Seksi PMD dan Kesos Dece N.B Tabun S.IP

Kepala Seksi PMD dan Kesos Kelurahan Mutiara, Dece Tabun mengatakan
ada 59 usulan 43 usulan diantaranya usulan lanjutan sementara ada 9 usulan baru jadi semuanya berjumlah 52 usulan. Paling banyak soal peningkatan mutu jalan dan drainse di Kelurahan Mutiara, seperti pembangunan gorong-gorong dan peningkatan mutu jalan pada ruas jalan di RT 12 samping Gereja Galilea Padang Tekukur dan peningkatan mutu jalan di RT 11, pembangunan drainse depan SD Inpres 3 Kalabahi Timur dan pembangunan drainse di RT 3 Beldang.
pembangunan tambatan perahu di RT 12 depan Kantor Kelurahan berhubung kelurahan sudah mempunyai perahu dengan kapasitas 6 orang penumpang untuk kelompok pemuda peduli mengrove ,disamping itu untuk akses ke tempat-tempat wisata atau kebutuhan lainnya,”ucap, Kasi PMD dan Kesos Kelurahan Mutiara,
Dece Tabun.

Program Pembangunan MCK di wilayah RT 10 Monbang,pemasangan 13 unit meteran listrik di wilayah RT 14 dan 20 unit perumahan untuk masyarakat kurang mampu. Program Pispra paling banyak terkait program peningkatan mutu jalan dan drainase. Untuk program ekonomi masyarakat mengusulkan pengadaan ternak babi lokal,kambing dan ayam lokal. Sedangkan program ekonomi produktif, masyarakat mengusulkan pengadaan mesin ketingting di wilayah RT 3 Beldang,Program perkiosan, pengadaan 10 unit jaring ikan 10 di RT 03 Beldang,
pemberdayaan ekonomi msyarakat perempuan bagi kelompok tenun ikat dan menjahit di RT 10.

Untuk Program Sosbud program bantuan kepada anak-anak disabilitas,pengadaan Sim C bagi pemuda di Kelurahan Mutiara, pengadaan peralatan kerja dan pembibitan untuk pemuda peduli tanaman mengrop di wilayah RT 12,”paparnya.

Dece Tabun mengatakan ada program pemberian maknan tambahan untuk 5 posyandu, 2 sekolah Paud dan 2 sekolah Taman Kanak-Kanak serta pengadaan peralatan Posyandu sebagai implementasi atas Program Alor Kenyang,Sehat dan Pintar dari Bupati Alor,Drs.Amon Djobo.(***)